Custom Glitter Text
Banyoe Mili = Air mengalir (sungai) adalah aliran kehendak ALLAH. Kita yang berperahu di atas sungai dan mengikuti alirannya adalah mengikuti kehendak ALLAH. Apapun yang kita lakukan di atas perahu adalah berpengaruh untuk kita tapi tidak merubah aliran air. Aliran air sungai selalu ke bawah bermakna penurunan kuantitas umur dan kekuatan fisik. Aliran sungai ke laut bermakna kematian dan kembali kepada kumpulan spirit atau keharibaanNya. Ikhtiar manusia tidak memberi bekas kepada kekuasaan dan kehendak Allah SWT (Al Hadist). Ikhtiar manusia hanyalah memberi nilai untuk manusia itu sendiri. Pada dasarnya ikhtiar manusia merupakan bagian yang integral dari kehendak dan kekuasaan Allah SWT. Wallahua'lam

Minggu, 06 Februari 2011

Perumpamaan Antara Keluarga, Harta dan Amal Soleh

Posted on 00.49 by Oby_arsyil's blog


Suatu ketika Nabi SAW bertanya kepada para
sahabanya: “Tahukah
kalian bagaimana
perempamaan kalian dengan sanak saudara
kalian, harta kalian dan
amal perbuatan kalian ?”.
Atas keinginan para
sahabat, Nabi SAW
bersabda:
” Perumpamaannya
bagaikan seseorang yang
mempunyai tiga
sauadara ”.

Menjelang kematiannnya,
ia memanggil saudara-
sauadaranya dan berkata:
“ Saudara-saudaraku,
kalian telah mengetahui
bagaimana keadaanku
kini ?”. Saudaranya yang
pertama menjawab: “Aku
akan menyayangimu,
aku akan mengobatimu,
dan aku akan melayani
segala keperluanmu. Jika
kamu meninggal dunia, aku akan
memandikanmu,
mengkafanimu, dan
menguburkanmu. Lalu
aku akan selalu
mengingat kebaikanmu”.
Sabda Nabi: “Saudara
seperti ini adalah keluarga
dan sanak-saudaramu ”.

Kemudaian pertanyaan
yang sama diajukan
kepada saudaranya yang
kedua. Lalu dijawab: “Aku
akan bersamamu selama
engkau masih hidup. Jika
kamu meninggal dunia,
aku akan pergi kepada
orang lain ”. “Saudaranya
ini adalah hartanya”.

Kemudian ia memanggil
saudaranya yang ke-tiga,
dan menanyakan hal yang sama. Maka
dijawab: “Walaupun di
dalam kubur aku akan
tetap bersamamu. Akan
ku tenangkan hatimu jika
akan dihisab, dan aku
akan meberatkan
timbangan amal baikmu ”.
Saudaranya yang ketiga
ini adalah amal salehnya”

Sabda Nabi SAW:
“ Sekarang sebutlah,
manakah yang menjadi
pilihanmu ?”. Para sahabat
r.hum menjawab: “Ya
Rasulullah, jelas saudara
yang terakhir itulah yang
kami pilih. Yang pertama
dan kedua kurang
bermanfaat ”

No Response to "Perumpamaan Antara Keluarga, Harta dan Amal Soleh"

Leave A Reply