Custom Glitter Text
Banyoe Mili = Air mengalir (sungai) adalah aliran kehendak ALLAH. Kita yang berperahu di atas sungai dan mengikuti alirannya adalah mengikuti kehendak ALLAH. Apapun yang kita lakukan di atas perahu adalah berpengaruh untuk kita tapi tidak merubah aliran air. Aliran air sungai selalu ke bawah bermakna penurunan kuantitas umur dan kekuatan fisik. Aliran sungai ke laut bermakna kematian dan kembali kepada kumpulan spirit atau keharibaanNya. Ikhtiar manusia tidak memberi bekas kepada kekuasaan dan kehendak Allah SWT (Al Hadist). Ikhtiar manusia hanyalah memberi nilai untuk manusia itu sendiri. Pada dasarnya ikhtiar manusia merupakan bagian yang integral dari kehendak dan kekuasaan Allah SWT. Wallahua'lam

Kamis, 13 Januari 2011

Pentingnya Seorang Introvert Mengembangkan Diri

Posted on 16.07 by Oby_arsyil's blog


Saya tidak bisa menghapus sejarah
perjalanan hidup saya sendiri
bahwa saya adalah seorang
introvert. Secara harfiyah introfert
berarti punya perasaan minder
dalam setiap kesempatan. Orang
introvert lebih cenderung
memperhatikan dunia dalam dirinya
sendiri. Itulah kenapa rata-rata
seorang introvert tidak terlalu
senang bergabung dengan dunia
yang hiruk pikuk dan dunia yang
penuh keramaian. Sama persis
seperti diri saya.

Bagaimanapun seseorang harus
berkembang dari waktu kewaktu
demi menghadapi berbagai masalah
yang tidak pernah sama yang timbul
dikemudian hari. Bagaimana dengan
anda ? kalau saya sekarang berani
bertaruh jika saya berhadapan
dengan seorang yang dulunya
paling extrovert di sekolah, saya
akan berani menatap matanya tanpa
sedikitpun punya rasa minder
seperti waktu saya masih sekolah
bersamanya dulu.
Itulah yang dinamakan sebuah
perkembangan. Saya tidak
mengatakan saat ini saya sudah
menjadi seorang extrovert. Tidak.
Saya masihlah seorang introvert.

Sesekali saya juga masih merasa
minder jika berbicara dengan
seorang gadis yang teramat cantik
(kelemahan saya dari dulu, badan
tiba-tiba gemetar, dan hanya diam hehe..). Tetapi
saya adalah seorang introvert yang
selalu belajar. Belajar terus
mengembangkan diri.

Sejauh yang saya pelajari, ternyata
sesuatu yang bisa mengubah
seseorang yang dulunya introvert
menjadi seorang yang “sedikit
extrovert” adalah:

Pertama, bergaul dengan sebanyak
mungkin kawan. Seorang introvert
yang ingin berkembang harus
melakukan hal itu. Mengapa ? sebab
dengan memiliki banyak kawan, kita
akan bisa mengukur sedikit demi
sedikit dari apa yang ada dalam diri
sendiri melalui orang lain. Anda
tentu pernah mendengar dari
seorang kawan pendapat mereka
tentang anda, baik atau buruk
sekalipun. Dan hal ini tidak akan
terjadi jika anda tidak memiliki
kawan sama sekali. Pendapat
merekalah yang bisa membuat kita
belajar dan merenungkan tentang
bagaimana sebenarnya diri kita.

Kedua, berani terbuka kepada
siapapun yang kita kenal dengan
porsi yang wajar. Maksud saya
adalah jika memang pendapat itu
pantas diungkapkan maka
ungkapkan saja. Namun jika
memang isi hati itu harus
diungkapkan dengan orang tertentu
yang paling dipercaya, maka jangan
katakan pada setiap orang. Intinya
kita harus bisa mengukur dan
bersikap terbuka kepada teman-
teman kita sendiri dengan cara yang
wajar. Memang bagi seorang
introvert sejati, hal ini tidaklah
mudah. Tetapi seiring bertambahnya
waktu dan teman, lama kelamaan hal
ini menjadi biasa.

Ketiga, ini yang paling penting
menurut saya, belajar menghargai
pendapat orang. Saya yakin
kebanyakan seorang introvert
adalah seorang yang "keukeuh".
Lebih kasarnya orang yang keras
kepala dan mempunyai prinsip yang
kuat dalam setiap hal. Orang
introvert biasanya susah sekali
menerima pendapat orang lain, tentu
saja kecuali orang yang memang
sudah banyak belajar dan berlatih
menerima perbedaan. Dalam hal ini
saya pun masih belajar. Sampai saat
ini teman-teman saya masih sering
memanggil saya dengan “raja
ngeyel” karena susah sekali
mengalah walaupun pendapat saya
kadang salah.

Jadi jika anda adalah seorang
introvert seperti saya, teruslah
belajar mengembangkan diri. Ohya,
saran terakhir dari saya sebagai
seorang introvert, belajarlah
menulis seperti apa yang saya
lakukan sekarang. Karena dengan
menulis kita akan berusaha terbuka
kepada orang lain. Banyak hal
positif yang bisa diambil dari
kegiatan menulis.
Salam damai…
——————–

catatan : tulisan diatas adalah
‘ ungkapan extrovert’ yang ditulis
oleh seorang introvert

1 Response to "Pentingnya Seorang Introvert Mengembangkan Diri"

Leave A Reply